Orientasi Profesionalisme Jurusan (Kimia) UNILA 2012

Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Lampung mengadakan sebuah kegiatan dengan mengusung tema “menerapkan rasa cinta dan bangga terhadap kimia”. Acara yang menyabet titel “Orientasi Profesionalisme Jurusan” ini dilaksanakan pada tanggal 6-7 September 2012 di Gedung Fasilitas Bersama (GFB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung dan diikuti oleh seluruh peserta didik baru angkatan 2012. Kegiatan yang secara resmi diadakan sebagai bentuk pengenalan jurusan pada semua mahasiswa baru kimia tersebut disambut secara antusias oleh para peserta. Adapun beberapa materi penting yang berkaitan dengan acara tersebut antara lain sebagai berikut :

1.       Pengenalan Ikahimki
Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia atau disingkat Ikahimki merupakan sebuah organisasi nasional yang menjadi payung seluruh himpunan mahasiswa kimia di Nusantara. Hal yang dijelaskan antara lain mengenai struktur organisasi, visi & misi, dan tujuan didirikannya Ikahimki oleh presidium Himaki yang berada di Universitas Lampung.

2.       Ta’aruf Kakak Tingkat
Acara ini berlangsung sistematis mulai dari kakak tingkat angkatan 2008-2011 dan masing-masing angkatan menjelaskan beberapa materi seperti solidaritas, struktur kepengurusan kelas, dan lain-lain yang bermanfaat untuk kepentingan adik tingkatnya.

3.       Tutorial Penulisan Karya Ilmiah
Presentasi yang dilakukan oleh kakak tingkat guna mendeskripsikan tahapan membuat karya ilmiah (dalam hal ini laporan)  yang baik dan benar sangat diapresiasi oleh para peserta. Dengan diadakannya acara tersebut diharapkan mahasiswa baru akan siap untuk melakukan penulisan berbagai macam karya ilmiah sebagai syarat mutlak seorang saintis dewasa ini.

4.       Simulasi Praktikum
Dinamakan simulasi karena praktikum yang dilakukan belum menyesuaikan dengan ketentuan praktikum analisis kimiawan pada umumnya. Kegiatan yang dilaksakan sebagai bentuk pengenalan terhadap mahasiswa baru ini menggunakan beberapa perangkat laboratorium yang akan sering mereka jumpai pada saat perkuliahan. Materi yang diujikan antara lain : uji substansi keberadaan ion positif dan negatif, penentuan formula kimia, pengenalan oksidasi-reduksi, dan beberapa eksperimen elemen kimia.






 
5.       Simulasi Presentasi
Usai praktikum, setiap kelompok wajib berkumpul untuk merundingkan hasil dari setiap percobaan dan kemudian menjelaskan data hasil pengamatannya kembali di hadapan dewan juri yang terdiri dari kakak tingkat 2008 dan menjawab pertanyaan-pertanyaan ajuan dari dewan juri.

Pada akhirnya Orientasi Profesionalisme Jurusan telah berhasil mengukir pengalaman pengetahuan kepada para pesertanya. Meskipun para peserta diberikan tugas seperti menggunakan pita sana sini, topi siklopentana yang terbuat dari kardus dan karton berwarna biru muda hingga laporan dadakan, mereka tetap dapat mengikutinya dengan penuh antusias. Semoga kebersamaan yang ditanamkan pada semua mahasiswa kimia di Universitas Lampung ini dapat terus terjaga, sehingga mampu untuk melahirkan prestasi-prestasi gemilang untuk almamater tercinta.

Komentar

  1. ini bru yg nama nya brfkr postf. .
    Semua yg d lakukan oleh kating itu slalu brmanfaat dn insya AlLAH slalu baik. .
    dont judge the people with their
    cover :)
    lnjtkn untk menlsnya . .

    BalasHapus
  2. Terus semangat menulis didi ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sharp, Principal, Diffuse dan Fundamental

Sholat Menangis? Lantas?

Ikatan, Bentuk dan Gaya antarmolekul