Mengulas Orientasi Edukasi Universitas Lampung 2012

 Program Orientasi Perguruan Tinggi merupakan sebuah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru sebagai suatu syarat mendapatkan piagam yang akan menjadi ketentuan untuk melakukan wisuda pada akhir studinya di Universitas. Universitas Lampung, sebagai satu-satunya Universitas Negeri yang berada di daerah Lampung pun tidak melewatkan terselenggaranya program tersebut. PROPTI atau Universitas lain menyebutnya Ospek di Perguruan Tinggi ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu : propti tingkat universitas, tingkat fakultas, dan tingkat jurusan. Sampai saat ini PROPTI masih dipercaya sebagai satu ajang untuk melakukan orientasi atau pengenalan lingkungan universitas terhadap mahasiswa baru dari para seniornya, meskipun ada banyak pro dan kontra mengenai kegiatan ini, namun hal tersebut tidak menggoyahkan keberadaan kegiatan seperti ini disetiap tahunnya.

1.       Propti Universitas

Universitas Lampung menerima kurang lebih lima ribu mahasiswa baru angkatan 2012/2013. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya dikarenakan pada tahun ini pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengimbau kepada seluruh Universitas Negeri di tanah air untuk menambah kuota penerimaan mahasiswa baru sebesar 10%, yang tidak terkecuali bagi Universitas Lampung itu sendiri. Seluruh mahasiswa yang berasal dari berbagai penjuru negeri tersebut dikumpulkan di sebuah gedung yang bernama “Gedung Serba Guna (GSG) Unila” untuk mengikuti propti pertama yaitu tingkat universitas pada tanggal 27-29 Agustus 2012.
Acara yang berlangsung dihari pertama adalah gladi persiapan pelaksanaan upacara penerimaan mahasiwa baru yang akan diadakan keesokan harinya. Semua fakultas ditempatkan secara merata oleh panitia yang berasal dari beberapa unit kegiatan mahasiswa seperti KSR, Pramuka, Menwa dan PSM.
Kemudian, pada hari selanjutnya diadakan upacara resmi penerimaan mahasiswa baru dan dikukuhkan langsung secara sah oleh Rektor Universitas Lampung. Namun, diantara berbagai jurusan di universitas ini masih saja ada yang melaksanakan kegiatan diluar ketetapan yang dikukuhkan secara resmi oleh pihak panitia yaitu, berkumpulnya seluruh mahasiswa baru di jurusannya masing-masing, padahal sudah jelas perintah yang diberikan oleh panitia adalah dilarang mengikuti acara atau kegiatan lain selama pelaksanaan propti universitas ini berlangsung. Hal ini sudah barang tentu menciptakan kebingungan bagi para mahasiswa untuk mengikuti perkumpulan tersebut atau tidak karena, tentu saja senior menjadi momok menakutan bagi seluruh mahasiswa baru pada kegiatan propti ini. Meskipun demikian, masih ada sebagian jurusan yang mengelak untuk berkumpul dan lebih memilih pulang. Menggunakan haknya untuk memilih tidak mengikuti perkumpulan diluar propti universitas dan mengambil kewenangannya untuk pulang.
Tak luput dari wajib atau tidaknya acara tersebut, “perkumpulan” ini telah menjadi tradisi dan hak paten “senior” yang akan terus menerus ada entah sampai kapan. Sehingga hal ini akan berkelanjutan hingga tahun ke depannya.
Hari terakhir adalah pengenalan seluruh civitas akademika Unila, mulai dari Rektor, Pembantu Rektor hingga Dekan serta orientasi Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Universitas seperti Rakanila, KSR, Mapala, Birohmah dan UKM-UKM lain yang dengan antusias menampilkan kelebihan organisasi masing-masing.

2.       Propti Fakultas

Universitas Lampung memiliki Fakultas diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Masing-masing mengadakan pengenalan tingkat fakultas yang diadakan selama dua hari yaitu tanggal 30-31 Agustus 2012. Hari pertama seluruh mahasiswa baru diberikan tugas oleh pihak senior. Seperti kegiatan orientasi lainnya, seluruh mahasiswa baru dituntut untuk membawa beberapa perlengkapan dan berpenampilan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh senior, mulai dari kaos kaki berbeda warna, pita untuk lengan, topi caping, tas karung hingga atribut lain yang dipertanyakan manfaatnya.
Setiap fakultas mempunyai yel-yel tersendiri menambah nilai kekompakkan dan semarak propti tingkat fakultas kala itu. Khusus PROPTI hari pertama di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, seluruh mahasiswa baru diberikan pengalaman orientasi oleh Gubernur BEM FMIPA dan para Dekan yang bertempat di Gedung Fasilitas Bersama (GFB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
 Kemudian pada hari terakhir, mahasiswa baru diperkenalkan dengan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat fakultas yang terdiri dari :

1.       Dewan Perwakilan Mahasiswa




Unit Kegiatan Mahasiswa ini bertugas seperti Dewan Perwakilan Rakyat pada umumnya, namun pada segi khususnya yaitu, melaksanakan pengawasan terhadap penyelanggaraan pemerintahan tingkat fakultas.

2.       Badan Eksekutif Mahasiswa


Badan Eksekutif Mahasiswa memiliki tugas sebagai penyelenggara pemerintahan dan mengatur setiap aktivitas yang berlangsung di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang berkaitan dengan mahasiswanya secara langsung.

3.       Rohani Islam

Unit Kegiatan Mahasiswa ini mendominasi angka anggota muslim dari setiap Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya. Sesuai dengan namanya, dalam ROIS akan dibahas dan dipelajari secara mendalam mengenai keagamaan islam dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya.

4.       Natural


Bagi mahasiswa baru yang menyenangi dunia jurnalistik dan penulisan, Unit Kegiatan Mahasiswa ini menjadi wadah yang tepat karena Natural merupakan Lembaga Pers satu-satunya di FMIPA Unila.

5.       Anemon Diving Club

Setiap tanggal 17 Agustus, Unit Kegiatan Mahasiswa Anemon melakukan pengibaran bendera merah putih di bawah air. Anemon merupakan wadah yang tepat bagi mahasiswa yang memiliki kecintaan terhadap diving atau penyelaman.

6.       Himpunan Mahasiswa Kimia


7.       Himpunan Mahasiswa Fisika
8.       Himpunan Mahasiswa Matematika
9.       Himpunan Mahasiswa Biologi
10.   Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer

Setiap Himpunan Mahasiswa melakukan pengenalan di jurusannya masing-masing dan melakukan orientasi jurusan yang selanjutnya diperhalus menjadi istilah lain.

Pada akhirnya, seluruh mahasiswa baru melaksanakan setiap rangkaian acara dengan penuh antusias, bahkan ada beberapa yang meminta detail lebih untuk mempersiapkan peralatan propti yang senior berikan. Semua kegiatan yang diadakan mengandung makna tersendiri yang dilakukan untuk memberikan pelatihan disiplin dan tertib dalam bertindak bagi mahasiswa baru. Namun, kekecewaan yang penulis temui adalah pengabaian waktu shalat (bagi umat muslim) untuk setiap senior maupun pesertanya. Hari pertama propti fakultas, seluruh peserta mengabaikan shalat dzuhur, bahkan ketika junior meminta waktu sholat, seorang senior dengan bangga mengatakan bahwa dia belum melaksanakan shalat karena menunggu juniornya.
Terlepas dari apakah masalah ini perlu dibahas atau tidak, semoga Allah mengampuni kekhilafan jika ini adalah kenyataan dan sangat benar sebuah “khilaf”. Memang miris, senior yang didominasi oleh anggota Rohani Islam pun sepertinya tidak memiliki kendali tegas untuk pelaksanaan shalat, ibadah wajib bagi seluruh muslim. Pemberian waktu terbatas untuk melakukan peribadatan dan perekomendasian satu tempat ibadah untuk ribuan mahasiswa mungkin sudah menjadi kebijakan terbaik yang senior bisa berikan.
Adapun setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga semua manfaat dan kerugian seyogyanya dapat diserap oleh para peserta pada umumnya dan dijadikan pembekalan untuk belajar lebih baik lagi pada khususnya. Semoga pelaksanaan propti bisa lebih baik lagi di setiap tahunnya, sehingga kekurangan yang telah disebutkan bisa menjadi bagian perbaikan bagi panitia ke depannya.



Penulis
Diani Iska M
Hidup Mahasiswa!

Tungga Artikel Selanjutnya Mengenai Propti Jurusan (Kimia).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sharp, Principal, Diffuse dan Fundamental

Sholat Menangis? Lantas?

Ikatan, Bentuk dan Gaya antarmolekul