Naik Turun Tangga dan Positifnya

Apakah tempat anda melakukan aktivitas adalah sebuah gedung tinggi tanpa eskalator yang mengharuskan anda naik turun tangga? Pasti yang ada dalam benak anda adalah seperangkat keluhan dan merasa capek untuk melakukan aktivitas tersebut setiap harinya? Tapi, tahukah anda beberapa manfaat dari aktivitas tersebut? Berikut diantaranya adalah :
1.      Meratakan permukaan perut yang terlihat menumpuk
Memiliki perut yang rata adalah idaman semua orang, serta bisa meningkatkan kepercayaan diri. Para ahli mengungkapkan latihan total tubuh menantang seperti naik turun tangga yang dikombinasikan dengan diet sehat dan gaya hidup tepat bisa membantu mendapatkan ukuran pinggang yang diinginkan. Sebuah penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan orang dewasa setidaknya melakukan 150 menit aktivitas intensitas sedang atau 75 menit aktivitas kardiovaskular kuat setiap minggunya. Sedangkan dalam melakukan aktivitas naik turun tangga mulailah melakukannya sebanyak 5 sesi masing-masing 30 menit atau 6 sesi masing-masing 25 menit per minggu.
2.      Mengurangi stress
Saat Anda merasa marah atau stres, pasti sangat mudah untuk tergoda mengambil makanan yang  manis, menghisap rokok, atau menenggak secangkir kopi manis untuk “menelan” perasaan itu. Tapi, seperti yang Anda ketahui, semua hal itu tidak baik untuk kesehatan bila berlebihan. Cara ideal untuk mengatasinya adalah berolahraga. Saat anda mulai merasa stres atau marah, cobalah untuk naik turun tangga satu hingga dua lantai atau jalan di sekitar kantor, gedung tempat anda beraktifitas. Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan, berjalan kaki 10 menit bisa mendorong kekuatan mental.
3.      Menciptakan pikiran yang positif
Dengan naik turun tangga dalam waktu yang relatif teratur, anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym, bahkan sedikit pergerakan saja sudah bisa membantu anda terkoneksi dengan tubuh dan membantu mendulang energi. Berjalan kaki dengan naik turun tangga sejenak mengelilingi lokasi anda dalam beraktivitas bisa membantu mencerahkan pikiran.
4.      Menjaga kelangsingan tubuh
Untuk menurunkan berat badan kombinasi dari hal ini bisa menurunkan 0,5-1 kg berat badan per minggu serta mengurangi ukuran perut karena menciptakan defisit atau kehilangan kalori sebanyak 500-1.000 kalori. Meski begitu agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya dikombinasikan dengan makanan bergizi dengan nutrisi tinggi serta rendah kalori. Hal ini membantu orang merasa kenyang lebih cepat sehingga makan dalam porsi kecil.
Terpaksa ada dalam lingkungan aktivitas yang mengharuskan anda naik turun tangga pasti membuat anda mengalami kelelahan, namun percayalah ada manfaat lain yang berguna bagi tubuh dari kelelahan tersebut berupa lancarnya setiap penyampaian saraf dalam impuls otak yang mempermudah anda untuk terus berpikir positif setiap hatinya.

http://wspavilion.com/2011/02/22/naik-turun-tangga-bisa-usir-stres-dan-marah/
http://www.boyolalipos.com/2012/lifestyle/kesehatan/naik-turun-tangga-bantu-bikin-perut-jadi-rata-205280

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sharp, Principal, Diffuse dan Fundamental

Sholat Menangis? Lantas?

Ikatan, Bentuk dan Gaya antarmolekul