Catatan Saku (CS) 2

Sepuluh

 
Walaaa, ini dia hari pertama pakai seragam. Nice, look like i’ve grown up, so glad. ^^

X-2, Gak asing sama kelas yang sebelumnya ngelewatin bareng masa-masa MOS selama 7 hari. Kecuali ada beberapa yang ganti personel, ada Ikra, Jessi, Widya sama Novita yang mutusin buat geser ke X-1, tapi itu digantiin sama datangnya Bagus, Nadia, sama Febie. Siapa gak kenal febie? Pas mos suara dia yang bisa buat aku bangun, toa pisan atuhda. go tenwan go tenwan go, hwwwh mbi :)

Wali kelas kita saat itu Bu Lina Liana yang cantik, imut tapi tegas. Paling gak suka kalo muridnya nyontek, yap :) pelajaran berharga sebenernya yang didapet dari dia –KEJUJURAN- Man jada wa jada, teman.

Dan, satu lagi masa waktu sekelibat siswi yang maksa ingin masuk kelas X2, udah tau kelas teh udah pas, ini dipaksain satu. Ckck. Mana kekeuh lagi? Siapa coba? Santi santiong orangnya. Masih inget kan gimana kekeuhnya dia ingin masuk kelas ini? Santi, Santi.
Kelas sepuluh ini aku mulai beradaptasi dengan suasana belajar yang padat dan serius ditambah insomnia yang selalu nempel jadi teman seperjalanan hidup. Hingga untuk urusan migren, obat pusing, tidur di kelas udah bukan hal aneh lagi. Mata makin mirip kalong, udah mah sayu, berkantung mata, panda aja itumah. Panda berkalong? Ah entahlah.

Ada banyak event yang kita lewatin bareng, suka dukanya kerasa banget. Betah sampe sore di sekolah walau Cuma kumpul bareng sama teman. Apalagi kalo soal yel-yel pasti kelas kita paling riweuh. Kebersamaannya kerasa banget sampai kalo istirahat aja kita semua diemnya di kelas, kelas lain ngejudge kita kelas yang gak mau berbaur sampai sempat ada isu kalo kelas kita dimusuhin sama banyak kelas. Gak tahu juga itu bener apa nggak.
Kalo ditingkatan kelas ada cowok yang dipikaijid sama temen temen, atuhda apaan. Kalo ada tugas suka melimpahkan tanggung jawab sama perempuan, urusan niron jagonya tapi pelit bagi-bagi temen sekelas, urusan cari muka sama guru emang jagonya. Siapa lagi kalo bukan geng Dylan-Arki-Herlambang. Udah tahulah kalo sama mereka ujungnya pasti dimanfaatin, picik makanya suka jaga jarak sama mereka. Tapi suka kena juga kalo mereka ngajak debat. Malesin kalo kalah sama orang senyebelin mereka. Hehehe, tenang Abang, Arky, Dylan disamping itu semua kalo ada perlombaan pasti kita semua ngedukung anda-anda dengan antusias. Tutupi kekurangannya, mau gak mau mereka masih bagian dari keluarga besar kelas kita.

Kalo soal belajar sih SMANDAK gak usah ditanya, tugas dll pastinya menghampiri tiap hari. Aku yang santai tapi serius, terus saja beranggapan ah kelas satu gak usah serius-serius amat eh malah anggapan yang kayak gitu yang ngejatuhin aku. Entah kenapa pas kelas satu lebih suka buat belajar IPS daripada IPA, sempet keasyikan juga suka sama IPS saking sukanya nilai ekonomi kelas satu nyampe angka 90 ma 92, gitu juga sama sosiologi. heh,waw!. Nilai IPAnya malah standar sama KKM Cuma punya range 2 sampe paling tinggi 4. Parah. Udah we yah aku mutusin buat mulai belajar giat dari sebelumnya untuk urusan eksakta, mendeklarasikan diri untuk jadi anak IPA.

Selama SMA aku hanya berpikir untuk bagaimana senyaman mungkin bisa bersekolah disana, mencari posisi diri se-aktual mungkin guna menghadapi lingkungan seperti ini. Termasuk satu hal, aku tidak suka berdiam diri lama-lama berbaris setiap hari senin, yap upacara. Kucari semua kegiatan yang bisa membuatku aman terhindarkan dari tugas itu, dan PMR-lah jawabannya. Pikiranku singkat saja, anggota PMR, jaga di belakang, rawat orang sakit. Mungkin lebih berguna daripada aku harus berdiri lama-lama dengan pemaknaan kebangsaan yang hampir hilang. Toh, aku juga tidak semata-mata berdiam diri tapi mengikuti juga kegiatan upacara. Bukan dalam konteks tidak memiliki semangat kebangsaan, tapi hanya mencari upaya terbaik dalam memaknai kebangsaan. Dari SMP menjadi petugas PMR adalah wadah keberadaan diriku, aku masuk ke dalamnya dan aku bangga menjadi anggotanya. Sekalipun saat aku menggunakan seragamnya Rizal, Reza karbon dkk bilang kami, anggota PMR lebih mirip beras bulog lewat, pocong berjalan lah. But it is me and i’m proud.

Sebenernya gak terlalu menyenangkan juga masuk PMR karena berelasi kuat sama ekskul yang lain, aku masih inget aja waktu itu ada lomba ekskul sebelah pas hari libur dan aku harus ke sekolah, belum lagi berurusan kembali sama teh Mekar. Tapi entah kenapa, rasa takut itu berubah jadi rasa kagum. Yang asalnya gak berani natap teh mekar, jadi berani nyapa. Dia baik malah jadi deket, aku deket ma kakak kelas? Itu yang jarang dan kedengaran gak mungkin, tapi di SMA ada teh Narti, sama teh Nursyamsiar yang asli udah kayak kakak sendiri. Aneh bisa deket, kurasa mereka itu malaikat. Yap angel for someone like me :)

Ok, itu ekskul pertama yang aku ikutin dan kedua aku masuk Mading. Sejak SMP suka beud lah sama nulis, aku kirimin artikel yang aku buat di SMP. Well, alhamdulillah dimuat di mading. Aku lupa judulnya apa. Makin kesini bukannya makin semangat buat nulis malah makin gak karuan aja tulisan teh, kebukti dari narasi ini ya kan pembaca? Teu pararuguh. Begitulah, ideku banyak tertuang dalam karya-karya ilmiah, tugas praktikum. Bukanlagi cerita fiksi yang bisa aku imajinasikan melainkan kalimat ilmiah berfakta yang memaksaku untuk terus mencari, menemukan proses, menuliskannya dan membuat kesimpulan dari apa yang terjadi. Apalagi kalau bukan tugas makalah yang seabreg. Aku putuskan untuk keluar dari ekskul ini, sadar diri lah kalo aku emang cuma penulis amatir (bedakan dengan watir). Ideku terpuruk pada otak yang belum kugunakan 360 derajat saat kakak kelas bilang buka lebar otakmu, buka... lebar... otakmu. 
Hanya gambaran di pandangan dan sekitar yang bisa kumaknai dan kutuliskan, aku belum mampu menguak dan menginterpretasikan satu peristiwa dibelakang, apalagi mengimajinasikannya. Yah, aku amatir. Untuk mencapainya mungkin makalah ilmiahlah jawabannya. Aku usaikan keikutsertaanku pada ekskul ini, kutinggalkan beberapa artikelku. Dan saat saat terakhir, sempat kulihat ada artikelku disana. :) terharu....... i just know one great person there -teh Raudika Lestari- ^^ im one of your fans, hehehe.

Bicara soal pelajaran nih, masih inget pas pelajaran biologi? Pas kita harus konsentrasi penuh ngeliatin si bapak yang bahasanya kalo lagi ngomong itu bener-bener bikin kagum, udah kayak kehipnotis abis pokoknya mah kalo bapak ke kiri, kepala anak-anak ngikutin ke kiri gitu juga kalo ke kanan, gehgek. Seperti rumput yang bergoyang kelas teh. Cuma ya itu mereka gak nyadar, hehehehe kayaknya kalo bapak bilang: tidur! Udah tidur aja sekelas itumah. Hehehe (emang uya kuya). Pas pertama ulangan biologi ah palingan juga materi yang ada di buku, ya aku bacalah buku memanfaatkan insomniaku di malam hari dengan baca terus materi, diperdalem sedalem mungkin. Sampe tenggelem kalo perlu. Udah warna warni ajalah buku teh pokoknya. Pas hari ulangannya mah pemirsa? Aih, hese geningan. Dan benarlah ketakutan itu menjadi nyata, ulangan biologi pertamaku, range 40 kalo gak salah. Terpuruk nilai teh, tapi gak sendirian terpuruknya, orang temen sekelas dengan nilai range yang sama. Marybet, Lilis, siti Dzulfah inimah jagonya biologi. Tapi dibawa happy aja, usut punya usut ternyata bapak kalo bikin soal tuh bukan dari buku yang dipegang siswa, tapi MAHASISWA. Cool, he’s great!!

Belum lagi matematika ya kawan, guru yang satu ini sabarnya bukan main. Baik banget, dan logaritma adalah pertama kita belajar. Masih santai aja kata aku mungkin gak akan susah, eh ternyata pas ulangan. MERDEKA!! Nilai pertamaku cuman 45. Suram ram ram. Dari situ kalo ulangan matematika gak mau main-main lagi, belajar serius pokoknya. Kalo soal matematika si toa Febie, si pendiem Nadia, si lucu Anbar, sama si Kapsul Putri jagonya. Beda lagi kalo belajar kimia, bikin melotot pokoknya, kita semua dituntut buat gak lola, gurunya galak banget, tapi ilmunya nempel pisan. Namun kedua guru ini sudah almarhum sekarang. Mari doakan agar mendapat terbaik di sisiNya. Kata teman, sepanjang di SMA belajar kimia paling ngerti itu sama beliau, tapi aku mah malah paling dodol pas diajar sama beliau, cara penyampaian beliau itu simpel katanya. Entahlah, wajar. aku aneh. Yang simpel susah tapi yang ngeruntut dari teori muter lagi ke reaksi baru penurunan rumus barulah aku ngerti. Kimia, Bagus punya, aku juga atuhlaah, aamiin. Hehehe.

Nah, sejauh ini pengamatanku mengenai murid SMANDAK itu semuanya memiliki rasa cinta terhadap tanah air yang begitu tinggi, gimana engga? Kalo ulangan bahasa indonesia ngedenger pas ditanya berapa nilainya pasti jawabnya 96, 98 hebat bukan? Hehehehe, pasti yang ngerti mah ketawa. Urusan sastra aku jagoin Naura lah, keajaiban dia bisa buat pantun dalam hitungan detik, keren lah. Masuk ke bahasa inggris, nah untuk urusan yang satu ini selalu Vira jagonya, Fisika kita punya Anbar yang bikin geger karna pas ulangan umum bisa lulus, Cuma dia sama Risa anak X1 wah. Salut pokoknya. Seni budaya nih, pelajaran paling serem buat aku. Kalo masalah suara pasti Tyas, gambar mah ada Reza putih. Nah kalo buat cowoknya hampir semua jago futsal. Kecuali Deni tuh yang hebat karatenya, sabuk apa ya lupa. Sabuk kulit buaya kali, saking jagonya dia karate. hehe. Abang juga, diamah basket kalo masukin bola ke ring kaya ulet badannya. Hehehe. Arky yang futsalnya gak diragukan lagi lah, ckck jampang jampang, hehehehe. Dani juga eh cowok unik satu ini wushunya keren, itu badan apa karet, elastis banget.

Dan itulah masa-masa SMA kita di kelas sepuluh, banyak hal yang gak bisa terdeskripsikan saking banyaknya kenangan yang aku punya, tanpa harus aku jelasin pun kalian pasti punya kenangannya masing-masing, rasanya baru kemarin kita pake seragam baru itu, duduk di bangku itu. Sekarang semua udah punya jalan dalam pilihannya masing-masing. Bakal masuk ke dunia baru dan asli jadiin ini semua kenangan. Maafin semua kesalahan ana ya? Mau diinget sebagai apa kita ntar, tergantung apa yang kalian usahain sekarang. Jangan pernah putus asa dan jangan lupa sama ana. :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sharp, Principal, Diffuse dan Fundamental

Sholat Menangis? Lantas?

Indahnya Kembang Api dan Kimianya